Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Friday, June 13, 2008

Bill Gates Ke Indonesia ? Ada Apa Gerangan ?


Berbagai pertanyaan menarik bermunculan seputar kedatangan Bill Gates, Bos Microsoft yang merajai teknologi perangkat lunak. Namun spekulasi mengenai kedatangannya juga disambut biasa - biasa saja oleh masyarakat Indonesia, tapi ga begitu dengan pemerintah SBY - JK yang sudah mempersiapkan sedari jauh hari untuk menyambut bos besar Microsoft ini.

Saya sempat mengikuti perkembangan seputar kedatangan Bill Gates yang tiba - tiba saja. Kalo kata orang sih pasti ada udang di balik batu, hehehe.. bener ga ? Emang sedikit menarik di saat Indonesia lewat beberapa kementrian dan instansi negara akan segera menandatangani MOU IGOS (Indonesia Goes Open Source) pada 28 Mei 2008 mendatang, eh tiba - tiba bigbos Microsoft ini nongol entah ada apa gerangan, intervensi kah, atau sekedar lawatan aja ya ?

Saya sempat mengikuti wawancara yang diadakan di sebuah televisi swata yang mengundang maestro IT Indonesia, Onno W. Purbo, sempat terjadi percakapan menarik seputar kedatangan Gates ke Indonesia. Beliau (baca : Onno W. Purbo) sempat mengomentari kedatangan Gates harus dicermati dan diwaspadai matang - matang oleh pemerintah walaupun dalam konteks kunjungan tidak resmi, Gates yang tampil dalam Presidential Lecture di Istana, sempat mengemukakan bahwa kehadirannya di jakarta tidak lain untuk memberikan bantuan beberaa perangkat lunak untuk instansi pemerintah, nah lo ? Bagaimana kalo bantuan perangkat itu nanti akan disitir menjadi bumerang untuk mencuri informasi - informasi rahasia dalam negeri yang bersifat confidential / classified. Bisa bahaya aja negara ini. Itu yang sempat dikemukakan beliau pada wawancara tersebut.

Kemudian pada dasarnya komunitas IT dunia terbagi menjadi 2 kelompok, "Copyright" dan "Copyleft". Oke ? Tambah menarik aja, ya, komunitas Copyright adalah paham yang dianut oleh bos Microsoft ini, setiap orang yang memakai jasa software buatan perusahaannya tentu aja pasti kena charge biaya untuk lisensi (ijin) penggunaannya yang harganya selangit pak. Ampun dah... Makanya berjamuran deh software bajakan dimana-mana. hehehe.. ya abisnya mahal siy om Bill !! Murahin donk.. itu baru hebat..

Komunitas kedua adalah Copyleft, ya, orang - orang yang tergabung di dalam komunitas ini adalah orang - orang dari berbagai organisasi nirlaba (non-profit) yang mengembangkan software - software secara swadaya dari sukarelawan - sukarelawan yang emang mendedikasikan diri untuk kemajuan IT tanpa bersikap diskriminatif, dan tentunya free tanpa mesti biaya sepesrpun bagi siapapun yang memakai software buatannya. Biasa dikenal dengan istilah Software Open Source yang lagi nge-trend sekarang ini, ya iyalah, gratis booo.... hehehe..
Terserah anda ingin termasuk dalam bagian yang mana ? pastinya yang gratis lah..iya ga sih..

Diprediksi dalam beberapa tahun kedepan open source inilah yang akan menjadi ancaman bagi Microsoft. Bill Gates sempat memamerkan software teranyarnya tentang dunia astronomi yang bahkan sangat handal dan bisa digunakan oleh anak SD sekalipun untuk mengetahui letak posisi galaksi dan planet - planet di dalamnya, padahal software2 open source udah duluan bisa ilmu itu, softwarenya juga udah dipake para pakar astronomi dimana-mana. Om Bill bisa aja deh ? hehehe..

Oya, ada kutipan menarik yang terlontar dari wapres JK ketika menanggapi pembicaraan Bill Gates yang katanya memberikan kesempatan belajar dan beasiswa untuk siswa Indonesia yang berbakat di bidang IT. " Itu memang benar Pak Bill, tapi kalo sudah diberikan beasiswa ya kembalikanlah mereka ( siswa Indonesia) kepada kami disini (Indonesia) untuk mengembangkan kemajuan IT di negaranya sendiri." hahaha...

Emang benar banyak dari pelajar Indonesia yang berprestasi diberikan beasiswa oleh Microsoft, tapi setelah menyelesaikan studinya mereka ga pernah kembali lagi ke tanah airnya.. bagaimana tuh ya?

No comments: